Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Rabu, 12 Februari 2020 15:59 WIB

[Yogyakarta] 12 Februari 2020. Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I digelar secara resmi mulai hari ini. Pelatihan ini dilaksanakan secara serentak di Balai Diklat Keuangan seluruh wilayah Indonesia dan Pusdiklat Pengembangan SDM selaku pemilik program. Tujuannya adalah untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter, yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.


Sebanyak 90 peserta yang seluruhnya merupakan lulusan Program Diploma I dan III Politeknik Keuangan Negara STAN akan mengikuti pelatihan sampai dengan 4 Maret 2020 (On Campus I). Komposisi peserta berasal dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Pajak, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selain pengajar dan penceramah di lingkungan Kementerian Keuangan, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta juga menggandeng Denhanud 474 Paskhas TNI AU sebagai pelatih.


Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I


Mengingat pelatihan ini tidak hanya bersifat akademik tetapi juga melibatkan fisik dan mental, peserta perlu mengikuti tes kesehatan sebelumnya. Tes kesehatan telah diselenggarakan pada hari Selasa (11/02) yang hasilnya semua peserta dinyatakan lolos dan siap mengikuti pelatihan.


Dalam acara pembukaan, Plt. Kepala Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Chatarina P. Dyah Iswandari, yang didampingi oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan, menyampaikan harapannya agar peserta memanfaatkan waktu selama On Campus 1 dengan baik. Tidak hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh pelatih dan pengajar, tetapi juga melaksanakan.


"Pelatihan ini adalah tonggak utama untuk bisa menjadi seorang PNS yang berkarakter. Jangan sampai PKN STAN selaku (instansi) yang melahirkan kalian sebagai CPNS, merasa kecewa ketika CPNS didikan mereka yang saya yakin secara akademis sudah bisa dipertanggungjawabkan karena bisa melewati masa pembelajaran dengan lancar sampai dengan lulus, tidak diikuti dengan attitude sebagai PNS yang bermartabat/berkarakter", ujar Chatarina dalam sambutannya.


Penyematan Tanda Peserta oleh Plt. Kepala Balai


Sebelum melanjutkan pembukaan dengan Ceramah Overview Kebijakan, Chatarina juga menekankan pentingnya menjaga semangat peserta sepanjang pelatihan berlangsung. Tidak hanya untuk kegiatan lapangan di awal, tetapi juga saat materi di kelas. Hal ini disebabkan keberhasilan Pelatihan Dasar CPNS memerlukan kerjasama dari penyelenggara, pengajar/pelatih, dan juga partisipasi dari peserta.