Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Pekanbaru
Kamis, 06 Februari 2020 15:29 WIB

Kepala perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau, Bapak Bahtaruddin membuka secara resmi acara press release yang bertempat di aula Balai Diklat Keuangan Pekanbaru. Acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau setiap triwulan dalam tahun berjalan.

Acara press release ini dihadiri oleh pejabat eselon dua di lingkungan Kementerian Keuangan Provinsi Riau dan awak media cetak, radio maupun media online. Adapun pejabat yang berkenan menghadiri acara tersebut antara lain, Kepala Kanwil DJP Riau bapak Edward Hamonangan Sianipar, Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumbar dan Kepulauan Riau bapak Sudarsono, Kepala Kanwil DJPB Provinsi Riau bapak Bahtaruddin, serta Kepala Kanwil DJBC Riau bapak Ronny Rosfyandi. Awak media yang hadir beberapa diantaranya adalah Radio Republik Indonesia Riau, Kantor Berita Antara, Media Aktual Online.com dan beberapa harian cetak di Pekanbaru.

Press release yang mengambil tema ?Mengawal APBN Indonesia Maju? menjadi ajang memaparkan hasil capaian kinerja dari sinergi yang selama ini telah dilaksanakan oleh masing-masing kepala kanwil selama tahun 2019. Pemaparan pertama dilakukan oleh Kepala Kanwil DJP Riau, bapak Edward Hamonangan Sianipar. Kepala Kanwil DJP Riau memaparkan bahwa dari semua jenis pembayaran pajak secara umum mengalami pertumbuhan. Hal ini karena jumlah Wajib Pajak meningkat dan jumlah SPT yang dilaporkan juga meningkat. Pemaparan selanjutnya adalah Kepala Kanwil DJBC Riau bapak Ronny Rosfyandi. Beliau memaparkan bahwa tugas DJBC terdiri atas revenue collector, industrial assistance, community protector dan trade fasilitator. Untuk daerah Provinsi Riau yang mempunyai garis pantai panjang dan pelabuhan kecil yang banyak, Kanwil DJBC Riau meningkatkan kegiatan pengawasan dan penguatan community protector agar barang-barang dalam kategori LARTAS tidak masuk ke provinsi Riau. Pemaparan selanjutnya oleh Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumbar dan Kepri. Bapak Sudarsono memaparkan tugas dan fungsi DJKN dan kantor-kantor pendukung di daerah Sumbar, Riau dan Kepri. Pemaparan terakhir oleh Kepala Kanwil DJPB Riau. Bapak Bahtaruddin memaparkan bagaimana perkembangan realisasi APBN di Provinsi Riau selama 2019. Pak Bahtaruddin menjelaskan bahwa dana APBN untuk daerah Provinsi Riau sekitar 35,6 triliun rupiah. Setelah pemaparan oleh para pejabat, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan media.

Acara ditutup dengan makan siang Bersama.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau, Bapak Bahtaruddin memberi keterangan kepada media