Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Pekanbaru
Senin, 24 Februari 2020 18:24 WIB

Hari Senin, 24 Februari 2020 pukul 08.00 pagi bertempat di Aula BDK Pekanbaru dilaksanakan pembukaan pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa. Adapun pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJPBN Prov. Riau Bapak Bahtaruddin yang juga merupakan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau.

Pada kesempatan ini Bapak Bahtaruddin memberi pesan tentang pentingnya PBJ bagi perekonomian Indonesia. Pelaksanaan PBJ yang baik menggerakkan urat nadi perekonomian Indonesia. Beliau menggunakan istilah prudent dan confident sebagai pesan dari Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam melakukan PBJ. Prudent dalam pengertian bahwa setiap proses PBJ dapat dipertanggungjawabkan secara  dan akuntabel. Confident  sebagai pengertian bahwa setiap pelaku PBJ harus percaya diri terhadap hasil pekerjaan yang dilakukan karena sudah melakukan setiap tahapan PBJ dengan benar sehingga tidak takut akan pemeriksaan. Beliau juga menyampaikan pesan ibu Menteri Keuangan bahwa hasil dari PBJ haruslah value for money. Artinya setiap rupiah yang berubah menjadi barang atau jasa haruslah bernilai guna dan bernilai manfaat. Jangan ada hasil PBJ yang idle dan tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Beliau juga memberi pesan yang berkaitan dengan hasil penelitian KPK bahwa sebagian besar tindakan korupsi selalu berhubungan dengan PBJ. Sehingga beliau mengharapkan hasil keluaran pelatihan ini menghasilkan pelaku PBJ yang punya integritas tinggi. 

Kepala Balai Diklat Keuangan Pekanbaru Membacakan Laporan Pembukaan