Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Medan
Selasa, 28 Januari 2020 12:23 WIB

Tiarta Sebayang (tengah), membuka Pelatihan di BDK Medan


[Medan] Senin, 27 Januari 2020. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumatera Utara, Tiarta Sebayang, membuka secara resmi Pelatihan Persiapan Ujian Bendahara Pengeluaran APBN dan Penatausahaan Barang Milik Negara bagi Pengguna Barang Tahun Anggaran 2020. Didampingi oleh Pelaksana Tugas Kepala Balai Diklat Keuangan Medan, Frisda Agriani Ambarita, dan Widyaiswara Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan, Yasser Arafat Usman, Tiarta menyampaikan bahwa peserta pelatihan yang merupakan ASN Kemenkeu tidak hanya merupakan abdi negara, tetapi juga sebagai pemersatu bangsa sebagaimana yang tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.


Baik Pelatihan Persiapan Ujian Bendahara Pengeluaran APBN maupun Penatausahaan Barang Milik Negara bagi Pengguna Barang berasal dari Direktorat Jenderal Pajak dengan jumlah untuk masing-masing pelatihan sebanyak 27 peserta dan 30 peserta. Evaluasi terhadap Pelatihan Persiapan Ujian Bendahara APBN dilakukan dalam bentuk ujian komprehensif. Peserta yang memenuhi kriteria kelulusan akan melanjutkan ke ujian sertifikasi bendahara.


Untuk Pelatihan Penatausahaan Barang Milik Negara, evaluasi dilakukan dalam bentuk ujian per mata pelajaran dalam pelatihan. Sebanyak 4 Mata Pelajaran Pokok akan diujikan dalam bentuk ujian tertulis (Pokok-pokok Penatausahaan Barang Milik Negara dan Pembukuan, Inventarisasi, dan Pelaporan BMN bagi Pengguna Barang) dan ujian praktik (Modul Persediaan dan Modul Aset Tetap). Bagi peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat yang diterbitkan oleh Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan. (ASP)