Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Medan
Rabu, 12 Februari 2020 11:15 WIB

Kakanwil DJPB Provinsi Sumatera Utara (tengah), didampingi Plt, Kepala BDK Medan dan Kasi Penyelenggaraan beserta tim pelatih membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Medan


[Medan, 12 Februari 2020] Bertempat di Aula Balai Diklat Keuangan Medan, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Tiarta Sebayang, didampingi oleh Plt. Kepala Balai Diklat Keuangan Medan, Frisda Agriani Ambarita membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Kementerian Keuangan. Pelatihan Dasar kali ini diikuti oleh 57 peserta yang telah dinyatakan lulus tes kesehatan yang diselenggarakan pada 1 hari sebelumnya. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan, Tanci Siamni, dan tim pelatih yang berasal dari marinir.


Dalam pembukaan tersebut, Frisda menyampaikan bahwa pelatihan dasar ini salah satunya bertujuan untuk membentuk Aparatur Sipil Negara yang memiliki kepribadian dan sikap bela negara. Seiring dengan tujuan tersebut, Tiarta menyampaikan bahwa ASN yang memiliki sikap bela negara selayaknya mencintai negara dalam menjalankan tugasnya serta mencintai bumi dan seisinya. Selain itu, ASN diharapkan memiliki kompetensi sosiokultural, yaitu mampu memahami keragaman sosial budaya bangsa sesuai dengan dimana ASN tersebut ditugaskan. ASN harus dapat berbaur dengan masyarakat sehingga menjadi perekat dan pemersatu bangsa dengan selalu menjaga prinsip Bhinneka Tunggal Ika.


Pelatihan dasar merupakan syarat utama bagi Calon ASN untuk dapat diangkat menjadi ASN. Pelatihan dasar Golongan II Periode I berlangsung mulai tanggal 12 Februari s.d. 4 Maret 2020 (On Campus I). Peserta kemudian akan menjalani masa aktualisasi sebelum masuk kembali pada 12 s.d. 13 Mei 2020 (On Campus II) untuk memaparkan hasil dari aktualisasi yang telah dilakukan di satuan kerja masing-masing. (A.S.P.)