Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Malang
Senin, 24 Februari 2020 16:05 WIB

Pelaksanaan Tes Narkoba Latsar Golongan II Periode I di BDK Malang


Ceramah Current Issue Pelatihan Penatausahaan BMN Bagi Pengguna Barang oleh I Made Artawan (Kabag Umum Kanwil DJP Jatim III)

'

[Malang] 24 Februari 2019. Menuju minggu terkahir di bulan Februari 2019, Balai Diklat Keuangan Malang melaksanakan tes narkoba kepada 90 siswa Pelatihan Dasar Golongan II Periode I. Disaat yang berbeda, Kepala Seksi Evaluasi dan Informasi, Retno Susiyanti, menutup pelatihan Penatausahaan BMN Bagi Pengguna Barang di UB Guest House, Universiatas Brawijaya, Malang.


Badan Narkotika Nasional Kota Malang berkerjasama dengan Balai Diklat Keuangan Malang mengadakan tes narkoba sebagai bagian dari pelatihan dasar golongan II Periode I. Pelaksanaan tes berada di Aula E BDK Malang dan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB pagi ini. Tes narkoba baru dilaksanakan tahun ini di seluruh Indonesia oleh penyelenggara baik di Balai Diklat maupun di Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Melalui tes narkoba ini, diharapkan pegawai yang akan menjadi bagian dari Kementerian Keuangan bebas dari bahaya narkoba dan zat adiktif lainnya sehingga terciptanya lingkungan kerja yang bersih dari penyelagunaan dan pengedaran gelap narkotika. Sampe yang diambil adalah urine dan dilakukan dengan 6 parameter tes narkotika yakni (amphetamine, Methaphetamine, Cocaine, Morphine, THC dan Benzodiazepine) yang dilakukan oleh dr. Agustina dan dr. Mayang Wulandari dari BNN Kota Malang. Hasil tes sangat menggembirakan dimana seluruh siswa latsar Golongan II Periode I BDK Malang dinyatkan negatif atau tidak terindikasi mengkonsumsi narkoba.


Bertempat di lantai 3 Gedung UB Guest House, Peserta Pelatihan Penatausahaan BMN menjalankan rangkain terakhir pelatihan yakni mengikuti ceramah curret issue sebelum dilakukan penutupan pelatihan. Ceramah curret issue disampaikan oleh Kabag Umum Kanwil DJP Jatim III,  Ir. I Made Artawan, M.M., dengan tema isu-isu stategis pengelolaan BMN di Unit Kantor Direktorat Jenderal Pajak. Dalam Ceramahnya beliau menjelaskan terkait hal-hal teknis yang dihadapi pengelola BMN dalam mengelola BMNnya baik itu Perencanaan BMN (dalam hal ini terkait Kendaraan Dinas Bermotor), status penggunaan BMN dan penngunaan BMN idle, Pengamanan BMN, Pengasuransian BMN, serta pemindahtangan dan Penghapusan BMN di sekitar Kanwil DJP Jatim III.


Setelah pelaksanaan kegiatan ceramah, Pelatihan Pentausahaan BMN kemudian ditutup oleh Kepala Seksi Evaluasi dan Informasi, Retno Susiyanti, mewakili Kepala Balai Diklat Keuangan Malang.