Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Malang
Selasa, 11 Februari 2020 16:30 WIB


Malang, 11 Februari 2020. Balai Diklat Pada komponen APBN #uangkita tahun 2020 terdapat anggaran dana desa senilai Rp72 triliun yang akan disalurkan ke 74.953 desa di Indonesia. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), unit di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang bertugas membuat formula untuk menyalurkan dana desa ke 444 kab/kota dan formula untuk membagi dana desa tingkat kab/kota ke masing-masing desa di bawahnya. Dalam penyalurannya, kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), yang merupakan KPA Dana Desa berperan dalam mencairkan dana dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan kemudian ke Kas Rekening Desa. 


Menggunakan mekanisme yang baru, proses penyaluran dana desa membuat dana desa cepat sampai ke desa (RKD). Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi pemerintah kabupaten agar dana desa tahap I dapat dicairkan, tidak hanya itu dibutuhkan pula sinergi antara pihak yang terlibat di dalamnya.Untuk mendorong sinergi proses penyaluran dana desa yang optimal, Badan pendidikan dan pelatihan keuangan, melalui Balai Diklat Keuangan Malang mengadakan Open Class dengan tema "Mekanisme Baru Penyaluran Dana Desa Tahun 2020 Sesuai PMK 205/2019" dengan menghadirkan narasumber :

1. Kepala KPPN Madiun, Kufti Jusmintari, S.Sos., MAB. (KPPN Madiun adalah salah satu KPPN yang berhasil menyalurkan dana desa tahap I ke 194 dari 198 desa di Madiun)

2. Kepala Seksi Perencanaan dan Penganggaran dan Pengalokasian Dana Desa-DJPK, Imam Mukhlis Affandi., S.Si., ME.


Dalam acara yang dihadiri oleh Pejabat dan Staf Direktorat Jenderal Pebendaharaan Negara Kementerian Keuangan di Wilayah Jawa Timur, Perangkat Desa di wilayah Malang maupun Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang dengan jumlah peserta mencapai 113 orang. Dalam paparan yang disampikan oleh narasumber, Kinerja dan sinergi yang baik antara perangkat desa dengan diiringi dengan hubungan yang saling berkesinambungan dengan KPPN setempat, menjadikan penyaluran dana desa bisa cepat terlaksana dan membantu perekonomian masyarakat menjadi lebih cepat berkembang. Peserta yang mengikuti open class, sangat antusias dengan tema kali ini dan mengharapkan tema-tema serupa terkait desa sehingga desa-desa di sekitar Malang dapat lebih berkembang.