Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
ditulis oleh Admin BDK Makassar
Selasa, 11 Februari 2020 07:54 WIB

Peserta sedang melakukan praktik berkomunikasi


[Makassar] Selasa, 11 Februari 2020. Hasil survey yang dilakukan pada 457 pimpinan yang diterbitkan oleh National Assosiation of Colleges and Employers, USA menyebutkan bahwa kemampuan komunikasi merupakan kemampuan yang paling dibutuhkan untuk sukses dan merupakan kualitas perguruan tinggi yang paling diharapkan dunia kerja.


Kemampuan komunikasi telah menjadi komponen yang vital dalam kehidupan khususnya di lingkungan profesional yang menuntut adanya interkasi dengan stakeholder. Sebagai pegawai negeri sipil yang memiliki fungsi pelayanan masyarakat, kemampuan komunikasi menjadi sebuah keterampilan yang sangat perlu untuk dimiliki. Hal inilah yang menjadi latar belakang keikutsertaan 30 orang peserta yang merupakan pejabat dan pegawai dari beberapa unit eselon satu Kementerian Keuangan pada Pelatihan Communication Skills yang diselenggarakan selama 3 hari kerja di BDK Makassar.


Para peserta pelatihan dibekali ilmu mengenai dasar-dasar komunikasi, upaya membangun komunikasi efektif, komunikasi interpersonal dan intrapersonal, serta konsep diri yang juga dikuatkan melalui simulasi dan praktik pelaksanaan komunikasi yang efektif.


Mengenali diri sendiri dengan baik, mengenali lawan bicara dengan benar, serta mengenali medan dengan sempurna merupakan kunci keberhasilan sebuah proses komunikasi. DISC Personality Test merupakan salah satu metode pengenalan diri dan lingkungan yang diperkenalkan dan diujikan oleh pengajar pada salah satu sesi pelatihan. DISC Personality Test membagi karakter manusia ke dalam 4 kepribadian yaitu:


  1. Dominant. Pemilik karakter ini ditandai dengan ciri-ciri senang memimpin dan mengatur, tidak peka terhadap perasaan orang lain, dapat memutuskan dengan cepat, serta cenderung memiliki gesture besar.
  2. Influencer. Orang dengan karakter influencer biasanya senang meyakinkan orang lain, membuat keputusan secara implusif, ekspresif dan mudah berinteraksi secara sosial. Namun disisi lain cenderung ceroboh dan sulit diprediksi serta sulit berkomitmen.
  3. Compliant. Karakter ini cukup konsisten dan berorientasi pada kualitas tinggi, memutuskan sesuatu dengan sangat hati-hati dan sesuai fakta, sangat rapi dan tertata, namun cenderung pesimis dan pemilih serta lebih senang menyendiri.
  4. Steady. Pemilik karakter ini memiliki ciri-ciri senang membantu dan mendukung orang lain, mudah bekerjasama, bekerja secara sistematis, memiliki gesture yang lembut dengan nada suara yang hangat dan menyenangkan, sangat bersahabat namun lambat dalam menyelesaikan masalah, mudah ragu dan sulit mengambil keputusan, serta takut akan perubahan.


Berbekal pengetahuan tentang karakter-karakter manusia tersebut, kiranya para peserta mampu mengenali karakter diri sendiri serta mampu melakukan fast scanning terhadap lingkungan agar mudah membangun komunikasi yang efektif serta menjalin hubungan baik dengan stakeholder. 


DISC Personality Test hanyalah salah satu dari banyak aktivitas menarik yang dilakukan oleh peserta selama mengikuti Pelatihan Communication Skills.