Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Senin, 13 Januari 2020 14:02 WIB

Peserta tampak bersiap mengikuti upacara pembukaan secara semi-militer


[Balikpapan] 13 Januari 2020. Pelatihan pertama di Balikpapan di tahun 2020 ini adalah Pelatihan Teknis Penyuluh Perpajakan Angkatan I. Pelatihan ini dilaksanakan karena berdasarkan hasil pengamatan, laporan-laporan di Direktorat P2 Humas dan melihat kondisi nyata di lapangan, masih didapati gapkompetensi yang cukup besar. Masih banyak dijumpai tenaga penyuluh yang belum memiliki kompetensi dasar sebagai penyuluh yaitu kemampuan menerapkan manajemen penyuluhan, memilih metode dan teknik penyuluhan yang tepat, komunikasi publik yang baik dan teknik personal approach.


Pelatihan yang akan berlangsung selama lima hari ke depan ini dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan yaitu Mutasim Billah di Ruang Eksekutif BDK Balikpapan secara semi-militer. Mutasim menekankan bahwa tujuan pelatihan ini selain untuk belajar adalah untuk pembentukan karakter karena hal itulah yang memiliki porsi besar dalam menentukan kesuksesan seseorang.


Setelah pelatihan dibuka secara resmi, PIC Pelatihan memperkenalkan "Squad" Seksi Penyelenggaraan dan para pegawai yang terlibat dalam pembukaan pelatihan. Hal ini mampu mencairkan suasana peserta sebelum nantinya akan dilanjutkan oleh materi Manajemen Kegiatan Penyuluhan Perpajakan (MPKP) yang akan diajarkan dengan metode Team Teaching oleh Widyaiswara Pusdiklat Pajak yaitu Budi Harsono dan Taufik Kurachman.


Peserta terlihat antusias dan berseri-seri


Peserta yang terdiri dari pegawai pajak yang berusia 20-24 tahun ini diharapkan dapat mengikuti pelatihan dengan sepenuh hati sehingga dapat bermanfaat bagi karier masing-masing individu dan dapat berkontribusi kepada negara lebih baik lagi.