Kunjungan Keempat, Peserta Latsar Kemenperin Mengenal Lika-liku Pelatihan BMN dan Dana Desa

Jakarta, 8 Agustus 2018. “Pagi, pagi, pagi, luar biasa!” seru 15 orang peserta latsar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang studi banding ke Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Rabu (8/7/2018). Kunjungan ini merupakan kali keempat dari Kemenperin yang secara rutin melakukan studi lapangan setiap pelaksanaan latsar.

Kemenperin3

Jika sebelumnya para peserta latsar melakukan studi banding terkait teknis pelaksanaan latsar di BPPK yang disampaikan Pusdiklat Sumber Daya Manusia, kali ini mereka melakukan studi banding terkait teknis pelatihan pada Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (KNPK). Widyaiswara Pusdiklat Industri, Christina, yang mendampingi peserta latsar tersebut mengatakan, studi lapangan ini bertujuan memberikan pengalaman baru bagi para CPNS Kemenperin.

“Untuk angkatan keempat ini, kami ingin mereka bisa melihat pelaksanaan pelatihan di instansi lain, sebagai salah satu bahan untuk menyelesaikan aktualisasi,” ujar Christina.

Sebelum masuk pada penjelasan materi KNPK, para peserta diajak untuk melihat salah satu produk dari Kementerian Keuangan Corporate University (Kemenkeu Corpu), yakni portal pembelajaran www.klc.kemenkeu.go.id. Sejumlah peserta dimanjakan dengan video-video keuangan negara di KLC namun dengan kemasan yang menarik, seperti Chasing Knowledge yang mengadaptasi konsep acara hits di dunia maya, Carpool Karaoke.

Keseruan materi tidak sampai di situ, peserta latsar Kemenperin juga dibuat terkesima dengan sejumlah cerita pelatihan dana desa dan penilaian kembali (revaluasi) barang milik negara (BMN) yang diselenggarakan Pusdiklat KNPK. Kabid Perencanaan dan Pengembangan Diklat Pusdiklat KNPK, Niken Widhijawati, mengungkapkan beratnya perjuangan dalam menyelenggarakan pelatihan terkait dana yang tidak sedikit disalurkan ke setiap desa tersebut.

Kemenperin2

“Karena memang arahan dari Bu Menteri (Keuangan) untuk dana desa dan revaluasi BMN, maka pegawai Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) harus turun langsung ke desa-desa yang terpencil. Berhari-hari di lautan, menyeberangi sungai bertemu dengan buaya, itu betul terjadi. Untuk itu kita harus siapkan mereka untuk terjun ke lapangan,” urai Niken.

Dia melanjutkan, upaya tersebut dilakukan agar pengelolaan dana desa bisa dilakukan dengan baik dan benar. Tidak dipungkiri, uang sebesar itu sangat rentan disalahgunakan dengan latar belakang pendidikan perangkat desa yang sangat beragam. “Justru itu, mengapa kami hadir ke sana, untuk membantu mereka agar bisa melakukan pelaporan keuangan yang efektif, efisien, dan benar,” tambahnya.

Peserta yang terlihat sangat antusias mendengarkan dan bertanya, mengungkapkan motivasinya setelah mendengar pemaparan terkait pelatihan di BPPK. Salah satu dari mereka bahkan mengaku mendapat inspirasi untuk melakukan aktualisasi di unit kerjanya.

Kemenperin5

“Di sini semuanya sudah serba digital ya, kami masih harus banyak mengejar. Saya jadi punya inspirasi juga sesuai yang disampaikan Ibu Niken, untuk BMN itu akan kita buatkan QR code,” ucap Loista, salah satu CPNS Kemenperin asal Medan.

Kemenperin4

Studi banding tersebut ditutup dengan visitasi ke fasilitas BPPK, seperti klinik dan perpustakaan. Sejumlah peserta terlihat puas dan bergembira, serta berfoto bersama sebelum kembali ke tempat latsar. Mereka kembali dengan semangat dan motivasi membangun unit kerja mereka yang lebih baik.

Kemenperin6

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016