Refleksi untuk Sebuah Resolusi

[Jakarta] 29 Desember 2017. Tradisi membuat resolusi menjelang momen pergantian tahun baru sebenarnya sudah ada bahkan sejak zaman Babilonia Kuno. Mereka berjanji kepada para dewa yang mereka sembah setiap awal tahun bahwa mereka akan mengembalikan semua benda-benda yang telah mereka pinjam dan membayar utang mereka. KBBI mengartikan resolusi sebagai putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Sementara Oxford

Dictionary secara singkat menyebut bahwa salah satu pengertian resolusi adalah a thing resolved on; an intention. Masyarakat modern menyederhanakan pengertian resolusi menjadi tuntutan atau target yang harus dicapai. Dikaitkan dengan momen tahun baru, resolusi diterjemahkan menjadi hal-hal yang akan berusaha untuk seseorang wujudkan di tahun yang baru. Dan sebagaimana Confucius pernah sampaikan, menyusun sebuah resolusi harus diawali dengan sebuah refleksi.

Menutup tahun 2017, BPPK juga menjadikan momen hari kerja terakhir di tahun 2017 ini sebagai sebuah ajang refleksi. Acara yang bertajuk Refleksi BPPK Tahun 2017 dihadiri oleh perwakilan pejabat dan pegawai di setiap satker BPPK, termasuk oleh BDK yang turut menyaksikan kegiatan ini via video conference. Acara diawali dengan penayangan video highlight kegiatan-kegiatan penting yang dilaksanakan oleh BPPK sepanjang tahun 2017. Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video singkat terkait rencana kegiatan BPPK di tahun 2018, yang termasuk di dalamnya peta strategis, inisiatif strategis, dan target kinerja BPPK Tahun 2018.

“Acara ini sebenarnya merupakan sebuah ucapan terima kasih kepada semuanya atas hasil yang luar biasa,”ujar Kepala BPPK, Astera Primanto Bhakti dalam sambutannya.

IMG 2780

Kepala BPPK memberikan sambutan dalam acara Refleksi BPPK tahun 2017

Astera meminta semua pihak untuk memaklumi gaya kinerjanya yang sering memberikan push dan pressure yang tak lain adalah untuk memaksa semua elemen BPPK agar dapat mencapai seluruh target bahkan melebihinya. Ini terbukti dengan keberhasilan BPPK untuk mewujudkan berbagai target yang sebelumnya dianggap sulit untuk dicapai. Hal ini juga senada dengan keinginan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang menginginkan BPPK untuk menjadi lebih dari sekadar event organizer, tetapi tidak memahami substansi. Apalagi Presiden Joko Widodo juga mencanangkan tahun 2018 sebagai tahun dimulainya fokus pemerintah untuk pembangunan SDM setelah sebelumnya lebih banyak fokus kepada pembangunan infrastruktur. Kedua hal ini menurut Astera sudah selayaknya dijadikan sebagai sebuah tantangan bagi BPPK untuk terus mencari formula terbaik dalam menciptakan SDM berkualitas, khususnya di lingkup Kementerian Keuangan.

Astera menyebut ada empat milestones penting yang patut untuk disoroti selama tahun 2017. Pertama, peluncuran buku seri APBN berjudul ‘2016, Tahun Tidak Biasa’ yang melibatkan banyak pihak, tidak hanya dari internal BPPK, tapi juga eselon I lain di lingkungan Kementerian Keuangan yang bekerja sama dengan baik dan memberikan respon positif terhadap penyusunan buku tersebut. Buku ini diharapkan dapat menjadi sebuah benchmark bagi widyaiswara, dosen, atau pihak lain yang juga ingin menerbitkan buku. Kedua, adalah terwujudnya kolaborasi dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal Kementerian Keuangan dalam bentuk Community of Practice, Knowledge Center, dan berbagai course yang diwadahi dalam Kemenkeu Learning Center (KLC). Ketiga, transformasi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN yang dinilai luar biasa. PKN STAN ke depan juga ditantang untuk terus menambah kapasitasnya untuk sebanyak mungkin mencetak calon-calon punggawa keuangan Negara. Terakhir, adalah terciptanya kerja sama dan komunikasi yang lebih baik dengan Badan Diklat lain.

Dalam penutup sambutannya, Astera meminta agar semuanya tidak hanya bersuka cita atas capaian yang terwujud tetapi juga mencatat segala kekurangan yang ada agar dapat diperbaiki di tahun mendatang.

IMG 2806

 

BPPK Keren!!

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Catatan 2017, Harapan 2018 +

    [Bandung] Jumat, 5 Januari 2018 – Mengawali tahun 2018 ini, Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat menyelenggarakan konferensi pers yang pertama kali Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016